Minggu, 04 Mei 2014

Menata Hati


Note pengingat diri : "Menata hati tidak semudah menata baju di lemari, perlu adanya kerja keras dan kemauan yang kuat agar hati ini selalu terjaga dan tertata rapi. Kerja keras dan kemauan yang kuat harus seiring sejalan,bergandengan tangan. Karena jika kemauan saja yang dimiliki tanpa adanya usaha yang optimal maka akan menjadi hal yang mustahil bagi diri ini untuk memiliki hati yang baik. Begitu juga sebaliknya kerja keras tanpa diiringi kemauan yang kuat tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

Membersihkan hati dari berbagai macam penyakit hati bukan hal yang mudah. Jika hati sudah terserang penyakit maka untuk menyembuhkannya membutuhkan waktu yang lama. Karena penyakit hati tidak bisa disembuhkan oleh resep dari seorang dokter tapi penyakit ini akan sembuh dengan menata hati dan mendekatkan diri pada Sang Pemilik hati itu sendiri yaitu Allah Subhanalahu wa Ta'ala.


Dan alangkah bahagianya hidup ini jika memiliki hati yang bersih, hati yang jauh dari berbagai macam penyakit hati di dalamnya. Karena hanya orang yang berhati bersih sajalah yang bisa menjalani hidup ini dengan tenang dan damai. 


Hati manusia ibarat raja dan anggota tubuh yang lainnya di ibarat kan sebagai pasukannya. Apabila rajanya baik maka baik pulalah seluruh pasukannya namun apabila hati nya jahat maka jahat pulalah seluruh pasukanya. Maka kunci utama adalah bagaimana mengkondisikan hati agar tetap selalu baik dan terhindar dari segala penyakit hati yang mengotorinya.


Seseorang yang memiliki hati yang bersih akan mudah membaca setiap hikmah hidup yang di alaminya. Ia mampu memaknai setiap episode dalam hidupnya sehingga ia tidak pernah ragu untuk melangkah dan menentukan arah karena hatinya selalu terpaut kepada Sang Pemilik hati yang sesungguhnya yaitu Allah Azza Wajalla.


Maka pandai-pandai lah menjaga hati agar bisa memaknai setiap episode hidup yang kita alami dengan bijak dan pada akhirnya ketenangan hidup akan di dapatkan. Insya Allah.. Mari kita berusaha bersama-sama untuk menata hati hilangkan rasa dendam, iri atau pun dengki dari dalam hati kita. Saatnya menatap hidup ini dengan hati yang bersih agar hidup ini lebih indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar