Jumat, 30 September 2011

Arti Kebahagiaan

Bahagia, siapa yang tak menginginkannya. semua manusia mengingkan dalam hidupnya selalu bahagia tak perduli orang itu cantik, jelek, tampan, miskin, apalagi orang yang kaya? Namun apa sebenarnya kebahagiaan itu? Apakah orang yang dalam hidupnya selalu berkecukupan itu selalu bahagia? Sehingga apa yang ia inginkan selalu di dapatkan? atau Apakah orang yang parasnya cantik/tampan sehingga ketika ia pergi kemana-kemana semua mata memandang kepadanya dan memujinya? Seperti itukah arti Kebahgiaan???


Apakah orang Kaya dan orang yang cantik parasnya selalu hidup bahagia?? Maka "Tidak" jawabnya. Kebahagiaan tidak dapat di ukur dengan banyaknya materi apalagi dengan cantiknya paras, semua itu tidak bisa menjamin seseorang untuk hidup bahagia. Banyak orang yang kaya hidupnya tidak tenang, keluarganya berantakan, anaknya jadi tidak karuan karena salah pergaulan. Dalam hidupnya yang ia pikirkan hanya bagaimana cara mengumpulkan materi sebanyak-banyaknya dan pada akhirnya keluarga ia abaikan.

Kebahagian tidak bisa di ukur oleh banyaknya fasilitas dunia yang di miliki, mobil mewah, rumah mewah, kantor besar, jabatan tinggi dan segala macam fasilitas dunia lainnya yang mengakibatkan kesombongan, kecongkakakan sehingga selalu meremehkan orang lain yang di anggap berstatus di bawahnya. Rasulullah SAW pernah bersabda barang siapa menjadikan dunia sebagai tujuannya maka ia akan sengsara, namun barang siapa menjadikan akhirat tujuannya ia akan hidup bahagia.

Sebaliknya orang yang miskin tidak selalu hidup sengsara, meskipun di dalam kehidupan nya ia selalu kekurangan namun ia selalu bersyukur akan pemberian rizki-Nya, ia selalu yakin akan rizki-Nya yang tidak akan pernah tertukar,ia tidak pernah meminta-minta apalagi mengharap bantuan dari orang lain.orang yang seperti itu hidupnya akan bahagia, meskipun di lihat dengan kasat mata ia hanya orang yang miskin dan tidak punya apa-apa. Orang yang mulia di sisi Allah bukan orang yang kaya, cantik ataupun miskin. orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang bertakwa.

Sekarang jelas sudah bahwa kehidupan tidak akan tercipta jika yang di tuju adalah dunia.namun kebahagian akan tercipta jika yang di tuju adalah akhirat. Kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal, kehidupan yang abadi di sana akan ada kebahagian yang sebenarnya.kebahagian yang asli yang hanya akan di berikan bagi orang-orang yang bertakwa.

Kebahagian hanya lahir di dalam hati, Kebahagiaan akan tercipta dengan hati yang tenang, dan hati yang tenang hanya bisa di dapat dengan mengingat Sang Pemilik Kebahgiaan yaitu Allah Azza Wajalla. Dan Allah telah menyuruh kepada manusia untuk selalu mengingat-Nya karena hanya dengan mengingat-Nya hati akan menjadi tenang jika hati sudah tenang kebagiaan pun akan tercipta. Jika ingin hidup ini bahagia maka hiasalah kehidupan dengan memperbanyak mengingat-Nya, memuji kebesaran-Nya dan menjadikan al-Quran dan sunnah pedoman hidup.jika sudah demikan bukan hanya kebahagiaan didunia saja yang di dapat kebahagiaan di akhiratpun akan di raihnya. Wallahu 'alam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar