Sabtu, 07 Juni 2014

syukur dan sabar

mencoba menerima dengan lapang dada dan ikhlas atas setiap rencana-Nya. mgkn ini adalah jawaban atas semua do'aku. ketika keingananku tak sesuai dg keinganan Allah. semua hanya bisa pasrah atas kehendak-Nya. sesuatu yang menurut baik menurutku belum tentu baik menurut Allah. tapi seuatu yang baik menurut Allah sudah pasti itu yang terbaik untukku. laa tahzan wa laa taakhaf innallaha ma 'anna

keikhlasan akan membuat hati ini lega, keyakinan akan ketentuan Allah akan membuat hati kita tenang. apapun yang terjadi dalam hidup ini semua sudah di rancang dan di tentukan Allah. baik dan buruk itu menurut ukuran kita manusia. pada hakikatnya semua yang di rancang Allah adalah yang terbaik untuk manusia, tergantung bagaimana cara manusia itu memaknai dari setiap takdir yang Allah berikan. kuncinya adalah sabar ketika mendapat musibah, bersyukur ketika mendapat kesenangan. sabar dan syukur bisa menjadi jembatan manusia menuju keridhoan-Nya.

hadits Rasulullah "Dari Abi yahya Shuhaib bin Sinan RA. Rasulullah bersabda, Sesungguhnya menakjubkan keadaan orang mumin, karena segala urusannya sangat baik baginya, dan itu tidak akan terjadi kecuali bagi orang mumin. Bila ia memperoleh kesenangan, ia bersyukur, yang demikian itu baik baginya. Dan bila ia tertimpa kesusahan ia juga bersabar, yang demikian itupun baik baginya.

Hadits ini mengandung beberapa pelajaran. Pertama, setiap orang yang mengaku beriman harus menyakini bahwa iman sempurna yang dipegangteguh olehnya berdampak kebaikan pada setiap gerak dan langkahnya. Ketika mendapatkan kebaikan yang membuatnya senang, ia pandai mensyukurinya. Dengan mengucapkan Al-hamdulillah dan bersyukur dengan segenap hati, kemudian bersyukur dengan menggunakan seluruh anggota tubuh, berbagi dengan orang lain dan bersyukur dengan ketaatan kepada Allah dan Rasul_Nya.

Barang siapa bersyukur, sesungguhnya syukurnya itu untuk dirinya sendiri (Q.S. An-Naml : 40).

Begitu juga ketika ditimpa kesusahan, ia menyikapinya dengan sabar. Sabar yang terbaik adalah, saat kesusahan itu tiba dan menghenyakkan batin serta perasaannya, ia menyikapinya dengan sabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar